Komentar Sebuah Blog

 

Komentar, sebenarnya merupakan dua mata pisau yang tajam. Masalahnya adalah, kemana mata pisau itu diarahkan, untuk kebaikan atau sebaliknya. Komentar itu, mudah dan singkat. Namun keajaiban pengaruhnya bisa membakar semangat seseorang untuk berkarya lebih baik dan lebih baik lagi. Namun dengan komentar yang jelek terkadang bisa membuat ‘down’ seseorang karena komentar itu telah menjatuhkan semangat seseorang itu. Namun ada kiat-kiat yang perlu diperhatikan dalam memberikan komentar (khususnya dalam sebuah blog/website).

1. Lihat bahasan yang akan dikomentari, apakah menarik untuk dikomentari atau tidak. Ataukah pembaca amengerti dengan bahasan atau malah ikut-ikutan saja.

2. Lihat penulisnya (kapasitas penulis) biar bisa menilai komentar yang sesuai, misalnya untuk seorang penulis profesional tentunya akan beda komentarnya dengan penulis pemula seperti http://belumngantuk.wordpress.com dengan penulis profesional http://www.advokatku.web.id/ yang sudah pernah mendapatkan penghargaan sebagai blog terbaik versi www.webterbaik.com

3. Lihat komentar-komentar lain, untuk menentukan komentar yang benar-benar fresh/ berbeda dengan komentar sebelumnya.

4. Beri komentar apa adanya, bukan dengan embel-embel (misalnya biar webnya dikasih komentar juga oleh yang punya web/blog), tapi klo memang mau nggak ada salahnya.

5. Komentar jangan terlalu panjang, biar tidak menggangu komentator-komentator lainnya.

6. Usahakan komentar yang bersifat membangun, jangan mencemooh apalagi mengejek, ciptakan perasaan saling menghargai dari hati kita terlebih dahulu, walaupun kita tau itu basi dan nggak menarik, karena alasan penulis siapa tau…??

7. Berikan komentar sesuai bahasa yang digunakan tulisan, (resmi, setengah resmi, kocak, g4u1, atau mungkin bahasa aneh, maka berikan juga komentar seperti itu juga), biar membaur dan saling menghargai.

8. Jangan lupa tinggalkan Identitas, sebelum berkomentar.

Demikianlah seklumit dari pengalaman berkomentar dari blog-blog yang pernah dikunjungi.

4 comments

  1. Yang penting enjoy saja, soal komentar nomer 6 lah, 1-5 yah gak ada.🙂 yang penting tidak mengharap untuk dikomentari, dan kalau sudah komentar gak berharap untuk ditanggapi agar hati lega saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s