Tip dan Trik SPMB SpesiaL

Buat calon2 mahasiswa nih, ada beberapa tip buat lulus di SPMB. Nih tulisan berasal dari pengalaman pnulis dan pengalaman teman-temen yang laen….Spesial Lohhhhh:

1. Ukur kemampuan diri (baik kemampuan akademik dan kemampuan finansial), saatnya jujur dengan diri sendiri. Coz cuma qta aj yang tau kemampuan qta sendiri.

2. Buat yang agak seret finansialnya, mendingan gak terpengaruh propaganda Bimbel-Bimbel yang banyak mempengaruhi adik-adik untuk bergabung dengan mereka. Toh mereka gak jamin adik2 adik bisa lulus spmb. Solusinya: Cari aj buku-buku soal (kumpulan soal-soal) yang diterbitkan oleh bimbel-bimbel tersebut, pelajari di rumah, bahas semua soal-soalnya, dan ikuti trik-trik mereka. Kan itu juga yang bakalan dikasih di Bimbel, gak beda kok. Yang manis cuma propaganda mereka aj tuh…ga boong. Dan klo yang agak seret cari juga buku2 mereka di Pasar Loak, buka rahasia dikit nih, soalnya aku cari2 buku tersebut di Loakan juga loh. Harganya murah dan masih bisa dipake kok. Ngapain beli buku SPMB baru, toh cuma dipake 2 bulan lebih dikit. Mendingan Beli celana panjang, baju kemeja, (ini sih nasehat ayundaku sebelum SPMB taun 2003 yg lalu) untuk kuliah. Kan kalo dihitung-hitung:

Biaya bimbel (ekstensif/ekstra/super/paling hebat/dll) = +(-) Rp. 500.000 (malah lebih mahal)

Ongkos Pulang Pergi (P/P) selama bimbel 2 bulanan =+(-) Rp. 400.000

Belum makan2 sama kawan2 bimbel, jaga gengsi minimal bakso & Es Jeruk =+(-) Rp. 200.000 (selama bimbel)

Jadi Total Kotor yang diperlukan = Rp. 1.100.000,- Itu hanya untuk bimbel biaya hahahhihii saja, lom tentu pelajaran bimbel masuk di Otak.

Jadi mendingan uang Rp. 1.100.000, itu dibeliin

1. Celana Jeans 2 buah + kemeja 5 Buah

2. Sepatu yang agak bagusan harga Rp. 150rbuan keataslah

3. Buku-buku tulis (ATK) Untuk kuliah

4. Lebih Penting Untuk biaya daftar Ulang. Apalagi sekarang nih, daftar ulang Melonjak tinggi…..bner nih.

5. Buat anak Teknik Buat beli Alat gambar, itu penting banget.

6. Persiapan untuk Sewa rumah Kost (buat kuliah jauh dari rumah orang tua)

Tiap hari sebelum ujian targetin dapet beberapa Soal. Dan liat jurusan apa yang bakal di pilih, dan liat grade tahun lalu. Kalo jurusan yang bakal dipilih tidak terlalu tinggi gradenya, ya….artinya peminatnya tidak terlalu banyak. Solusinya kuasai Materi yang dianggap bisa dikerjakan dengan penuh dan Benar. Kalo penulis sendiri kemarin banyakin membahas soal materi hari Ke-1:

1.Bahasa Indonesia, 2. Bahasa Inggris, 3. Matematika Dasar. Sedangkan materi hari kedua, tu kan materi kejuruan, penulis cuma bahas biologi dan sedikit matematika IPAnya, dan sangat sedikit Fisika dan kimianya. hehehe….Soalnya penulis cuma mampu kayak gitu strateginya. Dan yang lebih penting aDALAH:

A. Mental (biar dak gugup bentengi dengan Tahajud Pas sebelum ujian SPMB), doa yang khusuk setelah sholat.

B. Jujur dengan diri sendiri, ini modal pas Try Out Di Rumah, Qita yang nentuin Soal, Qita nentuin Waktu pengerjaan, Qita nentuin grade, Qita nentuin kapan mau dijawab, Jadi kita menjadi BIMBEL PRIBADI. Menjadi Manajer Diri Sendiri

C. Jangan lupa masukan Energi yang bisa mendukung kerja Otak. Buat gambaran, selama Bimbel Pribadi, penulis selalu disuport dengan suplemen tambahan (misalnya makanan yang bergizi, walaupun murah harganya) oleh Ayunda Tercinta. Soalnya, orang tua penulis sudah tidak ada lagi.

D. Setelah masa penentuan jurusan, tentukan minat dan kemampuan anda, jangan terlalu membaca masa depan setelah keluar kampus Mau Jadi apa. Tetapi jalani saja itu dengan sebaik mungkin. Faktanya sekarang, banyak sekali anak teknik bekerja di Bank-Bank (swasta mapun bank pemerintah), Bahkan ada juga lulusan Ekonomi yang bekerja sebagai kepala Bengkel di perusahaan Besar malah. Jadi jalani saja apa yang bisa kita raih dan kita capai.

E. Optimis (jangan merasa tidak akan berhasil), tapi kita liat dulu kemampuan kita sampai dimana, biar kita bias menerpkan Optimisme kita pada tempat yang benar.

JANGAN TERPENGARUH DENGAN BIMBEL YA…….

KITA YANG MENJAMIN KELULUSAN KITA

TAPI BELI BUKU-BUKU MEREKA SAJA SEBAGAI SOLUSINYA…..HEEHHEE…..MET SPMB..mOGA g kTMU aMA pENULIS yA…kLO kTMU aRTINYA mO nAMbAH wAKTU tAMAt dOUNGKZZZZZ….

sukseS bUAT aNAK_aNAK iNDONESia pEMImPi kEmENAngaN dALAm kETERbaTASAn

79 comments

  1. Asik.. asik banget baca nih tulisan… sebelumnya ane sempet down gituh abis belum lulusUM (salah satu UN)….

    Okelah!
    eh tapi BTW ane mau nanya nie… k-lo ngawur pas ngerjain soal SPMB (asal jawab semua) kemungkinannya berapa persen??? (nggak berharap sie… cuman mau tau aja…

    THX a lot!

  2. Nah..Klo Ngawur pas ngerjain soal nih bakal rugi banget….Soalnya dalam SPMB, beda dengan UN Ataupun UAS, soalnya setiap jawaban yang yang salah akan mengurangi Score Yang Anda Miliki.

    Jawaban Benar + 4 Point
    Jawaban Salah – 1 Point

    Solusi: Jawab saja soal-soal yang benar-benar Yakin Betul Itu jawabannya. Mending yang Ragu-ragu di tinggalin, Dan gulirkan mata anda ke soal yang selanjutnya….

    Keep Self Confidence,

    ~Met Berjuang, kalahkan SPMB Tanpa BIMBEL~

  3. ya sich bnr jg mndngan g sah ngwur drpd nlaina mines??
    tp ko g jwbkan tengsin jg tuch!!!!
    trus sebenarnya gmn dounkz???
    btw bwt sluruh mahluk hdp di dunia doain gw ya!!
    mga-mga lulus SPMB n bs menerapkan cra-cra diatas dngn baek !!!

    amien…..

  4. halow sang penulis budiman …
    aq jg g ikut bimbel,pdhl hampir semua kawan2 seperjuanganq ikut program gituan.sempat minder jg sih, merasa paling … yah paling gimana gitu.tapi setelah bc tip n trick anda,aq merasa bangkit kembali. You raise me up… sarannya bagus bgt…mohon doa nya ya …

  5. bang agus….!
    keren bgt tulisannya….
    gw juga setuju….
    apalagi banyak bimbel yang hanya mengejar profit…
    tapi apa yg kita dapat ga sebanding dgn cost yang kita keluarkan….
    doain ya bang,
    biar kita2 lulus spmbnyah!!

    1. thank’s ya bang, atas tulisannya . tulisan abang buat aku makin semangat
      thank’ s ya
      doain aku bang yar lulus snmptn ne

  6. hai bg, aq setuju banget apa yang abang bilang.Emang seh setelah dipikir2 ngapain qita sibuk bimbel toh lebih baik qita bahas2 soal toh hasilnya juga sama koq dengan apa yang qita palajari dbimbel..thank’s ya bang dah buat aq semangat. Tolong doa nya ya…

  7. Setelah baca aq jadi tambah pede, sebelumnya aq sempet drop abiz ga lulus ujian mandiri, apalagi hasil UAN nya mepet banget, karena aku ga ikut bimbel.
    Aku setuju, selain berusaha dan belajar jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Pencipta, bagaimanapun juga Tuhan-lah yang menentukan nasib kita
    OK BRO……….
    SEMANGAT………..

  8. hai salam kenal aku linda…………….
    aku gugup nih untuk spmb……………
    tpi waktu aku lbaca ini aku makin pd ………… buat isi spmb ku nanti
    doakan aku y biar aku lulus
    OKOKOKO

  9. SPMB, bentar lagi nih… Setelah mencermati soal SPMB 1989-2004. Ternyata pada mapel biologi:

    Pilihan A muncul 20%
    Pilihan B muncul 22%
    Pilihan C muncul 25%
    Pilihan D muncul 16,67%
    Pilihan E muncul 16,33%

    Mungkin bisa buat masukan?

  10. Good!!!!!!!
    Saya Jga Mau Ngbantu Kalian Semua..
    Ini Tips-Tips Dari Andry…

    1.Jawab Dulu Soal Yang Mudah
    2.1 Soal untuk 2 Menit
    3.Jika ada soal Yang Ragu-Ragu jwbannya sebaiknya jgn Diisi
    4.Klo Jwban udah Mantap,, Bru diisi
    5.Banyak Solat Tahajud
    6.G perlu Stres,Hadapi SPMB dengan senyuman
    7.Pilih jurusan yg %taSenya Dikit
    8.Datanglah kTempat Ujian 1/2 Jam Sebelum dimUlai
    9.Persiapan yang maTang 1Bulan Sebelum SPMB
    10.Banyak belajar Pelajaran Untuk Kuliah
    11.Minta Restu ma Ortu….

    Moga tips ini BermanfaaT UntuK kiTa Semua…

  11. ass. tahnks bnget bwt tips2’a so sekarang aq jdi mantep lagi nech yang semula down juga! but yg penting bwat aq jalanin 3B dengan sungguh2 : belajar berdoa and bertawakal dengan sungguh2! ingat tiga potensi dari iq eq sq. bwat semua semoga berhasil (aq Jg) keep semangat!

  12. Fakultas UI Yang Jadi Rebutan Perusahaan
    Informasi SPMB FEUI 2007 Print E-mail

    Program Studi di FEUI:

    Program Diploma

    * Program Diploma III Akuntansi

    Program Sarjana

    * Kelas Reguler
    * Kelas Ekstensi

    Program Pascasarjana S2

    * Magister Bidang Ekonomi, MPKP
    * Magister Bidang Akuntansi, MAKSI
    * Magister Bidang Manajemen, MM
    * Master Sains Bidang Ekonomi, PSIE
    * Master Sains Bidang Manajemen, PSIM
    * Master Sains Bidang Akuntansi, PSIA

    Program Pascasarjana S3

    * Program Doktor Ilmu Ekonomi, PSIE
    * Program Doktor Ilmu Manajemen, PSIM
    * Program Doktor Ilmu Akuntansi, PSIA

    Program Internasional

    * Program S1 Kelas Khusus Internasional
    * Program MM-MBA
    * Program Master of Science in Development Economic

    Program Pendidikan Profesi

    * Program Pendidikan Profesi Akuntansi

    http://www.lcc-ptc.com

  13. Lowongan Kerja di LCC-PTC

    Divisi Marketing
    Persyaratan :
    *Punya Pengalaman kerja sebagai sales minimal 2 tahun
    *Minimal D3
    *Punya Kendaraan

    Divisi Pendidikan
    Persyaratan :
    *Punya Pengalaman kerja sebagai Tentor Atau Dosen minimal 2 tahun
    *Minimal S1 Perguruan Tinggi Negri
    *Punya Kendaraan*

    Tentor / Dosen
    *Punya Pengalaman Mengajar Minimal 1 Tahun
    *Lulusan Perguruan Tinggi Negri / Semester Akhir
    *IPK Minimal 3.0

    Hub :
    Mall Pulogadung Trade Center
    Blok B31-32 Jakarta Timur
    Telp : (021)4683-4406
    http://www.lcc-ptc.com

  14. okey jg tuch tips2nya……….
    tapi, skrng aq lg mikirin gmna biar jebol untuk masuk jadi mahasiswi kedokteran karena itu impian aq slama ini….
    gimana tuch caranya?????
    walaupun sekarang aq dah jebol spmb 2007 di UNAND jurusan kimia tapi aq ingin coba spmb sekali lagi…..
    doain yach….
    moga tipsnya bs diandelin…
    oya bwt tmn2 yang mw ikut spmb lg,good luck yach…
    jangan sia2in hari ini bwt belajar….
    OK….

  15. wAAaaHhh………thEnK Q yAa..
    nI pEsaN pLg bErgUna sEduNiia,bWt pEnerUs2 bAngsa QtA yg mAu berhAsiL.

    btW gW m0 nAnya nIc,gW lulusan SMA th 2007,thun kmren gw G iCut SPMB c0z gw telat gtu cRi informasinyA,trUsS..kira2 jalur apa yaA,yg bSa memudahkan gW msUk UN untuk thUn iNI..???

  16. ho-oh,,,setujuh bgd t ma maz tips diatas….same persis ma pikiran ane slama ni!
    tapih bro,u kudu slalu do’ain qt2 yg mow spmb2008 jg low yah

  17. semua yang ada disini….
    anda semua mungkin ada yang sudah pernah mengikuti spmb atau ada yang belum…
    saya punya permasalahan yg sgt berat
    sy skul di sebuah sekolah paling unggul di Aceh
    lulusannya banyak yg melanjutkan ke universitas2 ternama di indonesia dan ternama di luar negeri…
    skrg sy sudah kelas 3
    ortu mw sy masuk universitas sprti UI, UGM, ITB, dan sebagainya
    krn mengira anak2 di sekolah sy semuanya tanpa tekecuali mampu untuk melanjutkan ke universitas begituan
    padahal sebenarnya tidak semua
    misalnya sy
    jujur…sy merasa potensi sy di segala bidang pelajaran rata
    mungkin agak menengah ke atas…
    tapi sy merasa kurang mampu
    apalagi tmn2 sy banyak yg blg klo pilihan sy itu terlalu tinggi buat sy…
    tolong berikan pendapat anda…
    sy ingin membahagiakan ortu sy
    apa yg harus sy lakukan?
    padahal sy sgt menginginkan jurusan itu dan meneruskan ke universitas tersebut
    toloooooongggggg……..
    jangan buat sy menjadi orang gila dalam waktu dekat ini.

    @ agus:
    langkah pertama Liat dulu kemampuan apa yang lebih menonjol dari sekian banyak kemampuan anda.
    ke2, apakah anda memiliki kepercayaan bahwa ada memang mampu bersaing
    ke3, harus sadar bahwa persaingan diluar sana lebih dari persaingan anda di sekolah anda, bukalah mata lebih lebar dalam memandang persaingan lebih luas.
    ke4 masa depan anda ada di tangan anda, Ortu hanyalah pendukung moril dan materil sedang anda adalah tombaknya.
    ke5 sampaikan masalah anda dan minat anda serta kemampuan anda kepada ortu dengan cara yang santun dan sopan. saya yakin mereka pasti mengerti dan akan mendukung apa yang telah menjadi keputusan final anda.
    ke5 tawakal, sebab semua ada yang mengatur.

    terima kasih telah berkunjung ke blog ini.
    Wasslam

  18. gimana donk cara biar gampanh ngadepin spmb, belajar yang mulai di tunutt dari kelas X ato kita hanya belajar latihan soal-soal SPMB doank?bingung nih harus ngebahas soal yang gomana buat SPMB?

  19. makasi yauw…
    untungnya skrg aq uda punya pilihan kok
    oia, buat vich
    bahas aja soal-soal spmb..trus klo ada materi kelas X atau XII kan uda skalian ngebahas…
    klo gak ngerti penyelesaiannya buka buku yg kls X aja..
    itu menurutqu seyh..
    masing2 orang kan punya cara bljr sendiri yang beda2..

  20. g jga akh mnurut 9ue bimbel penting banget yaaaaa,,,,buat pendamping belajr gtuw ga mnutup kmungkinan naq2 yg pD biMbeL ngRasa g btuh ma bimbel!!!!g mnGkin DunK DRi smuA peljrn G da yG nyNgkut plInG GA ada saTu mapel Yng dikuasai “G prnah sLah bWat berJuang”BimBEL OF IAm sure.

  21. asalamu alaikum pak agus
    kita bertiga mau tanya ne…
    kata orang2 ikut bimbel kampus itu lbh mudah masuknya ke kampus tersebut ya??
    misal untuk UI itu spesialisnya bimbel nurul fikri
    nah yg kita tanyakan:apa itu bener dan mengapa kok bisa begitu??????
    tanya lagi ni….
    sebenarnya yang mestinya dilakukan untuk menunjang kesuksesan dunia akirat itu bagaomana?????????????
    matur suwun gih pakkkkkk

  22. Walaikum SAlam Warahmatullahi Wabaraktuh
    Hehehe,,,,, Bertiga ni ye..?? Sapa2 aj tuh…Kok namanya satu.
    atau jangan2 gembar 3 ni ye hahahha🙂 😀
    Jawab satu persatu ya….!!!

    1. Mudah masuk gara2 ikut bimbel dari kampus.
    Sepengetahuan K’ Agus nih, Kampus dimanapun gak ada yang buat BIMBEL gitu, Apalagi UI. Tapi biasanya mahasiswa kampus itu sendiri yang memakai “embel-embel” nama besar Kampusnya biar kesannya lebih Bonafide, Contohnya tmen K” agus ada yang bikin BIMBEL, dia alumni STAN Namanya Yogi’ and Friend, Jadi Si Siswa secara tidak langsung terserang Psikologisnya seakan-akan itu adalah dari kampus itu sendiri. Makanya timbul namanya BImbel kampus.

    banyak kan BIMBel2 yang menggunakan Lambang gajah duduk dengan belalai panjang. Hal Ini dilakukan oleh bagian promosi BImbel tersebut Agar Psikologis siswa terpengaruh seolah-olah itu berasal dari bandung (Institut dari Bandung, tau kan) dan akhirnya siswa percaya bahwa Bimbel itu Bonafide.

    2. Mengapa bisa begitu…??
    Jawabannya, karena era sekarang ini pesaingan bisnis tidak hanya mempengaruhi konsumen (siswa) dari segi audio visual saja, melainkan dari sisi Psikologis, Perasaan, bahkan Kebiasaan kita menjadi sasaran produk mereka. tapi hal itu sah-sah saja, apabila tidak ada unsusr paksaan. dan Itu adalah trik yang harus kita tiru.

    3. Sukses dunia akhirat.
    Wah, gimana ya, soalnya K’ agus g tau apa bakal sukses dunia akhirat. Tapi menurut ajaran agama kita simple saja>
    Lakukan yang diperintah oleh tuhan, Jauhi larangannya, Jangan Mengada-ngada akan hal yang tidak disuruhnya atau di larangnya.
    Ada 3 yang akan menemanai kita setelah mati
    1. Anak yang soleh (K’ agus lum punya, lagi direncanain)
    2. Amal jariyah
    3. Ilmu yang bermanfaat, (nah kalo ilmu yang bermanfaat ini tentunya bukan hanya bermanfaat buat kita tetapi buat orang lain) SALAH SATU JALAN UNTUK MEMANFAATKAN ILMU/PENGALAMAN KITA AGAR BERGUNA BAGI ORANG LAIN MARI KITA NGEBLOG.

    MARI NGEBLOG, MARI NGEBLOG, AGAR ILMU KITA BISA DIBAGI-BAGI BUAT BEKAL AKHIRAT NANTI. INSYA ALLAH.

    AMIN

  23. q lulusan 07 kemaren. jadi q ikut spmb tapi belum berhasil. sekarang aku lg b’usaha untuk bisa lulus spmb tahun ini. klo aq seeh daripada nganggur 1 thn,bengong jadi strees&blm jamin aqnya rajin terus belajar buat spmb jadi aq ikut bimbel soalnya dulu tuh omku jg ga bisa nembus spmb. jadi alternatifnya ikut bimbel. abiz itu akhirnya oomku bisa nembuz spmb tahun itu kedokteran lg!.. dan sekarang jadi sukses deh… doain ane kayak oom gw yach

  24. AssALamuaLaikum…
    K,Aq Mu mNt pndaPat KK..
    Aq Kan mAu Masuk Pend.doKter lewAt jaLur SPMB..
    pi ngLyat KmampUanq yaNg seKarang,,Kyanya gag mgkn dh..
    SbaiknyA Aq Trz B’uSahA Atw BraLih k juruSan Lain Y K?
    Mkc K…

  25. AssaLAmuaLaikUm..
    K,aQ mAu MntA pNdPt KK..
    Aq kAn mAu ikut spmb jurusan pend.dokter..
    Tapi AQ raSa kmAmpuanq Blum cuKup..
    MnuRut KK APa Aq hruS Trus B’uSahA..Atw ngmbil juRUsan LAin?
    mkc K..

    @ pendapat Kk nieh, mending ngmbil jurusan LAin Azaaaaa…..
    Ngapain jadi dokter, mana biayanya mahal,( hehehehe…) relatif ya,
    tapi yang penting, kita punya jalan masing-masing, kemampuan masing-masing, dan yang pastinya punya ego masing-masing. jangan dipkasailah,

    hidup adalah pilihan dan biarkan ego kita memilih, tentunya hal yang terbaik asal jangan jadi dokter.

    Wong jadi dokter aja belum tentu kaya raya, apalagi sukses, (itu sieh kata saya….) benr g..??

  26. thanx ya, tipsnya bagus banget,gw jd smgt ngktin spmb, pdhal sbelumnya deg degan gt. oy gw mw nyk gmn si caranya bwt knsentrasi dlm bljr? soalnya gw gk pnah btahan gt bljrnya or cpt bsan

  27. kak, q pngen mnta pndapat kkak nih.waktu sklah,q smpat mnjadi siswa brprestasi.yah…lyak-ny sorang siswa,q jg pngen..bget kuliah,lgi pla q pikir kmampuan lumayan bagus.tpi,masalah-ny ada pda dana.kluarga q g’bsa mmbiayai q.gmn nih? apa aq harus mngubur niat q u/ kul? kn g’mungkin bget klo kul g’ada uang…..

  28. bguz banget tips na….

    aq jga p’nh dngar2 tips yg kek gt… itu pun dri para lulusan spmb…
    mga2 aq n qmu2 smua yg ngeblog dsini n bkalan ikut spmb,,bkalan lulus..

    yang penting kita itu percaya bahwa kita bakalan lulus.. karna sesuatu yang dipercayai itu bkal terjadi…
    gak da yang lebih ampuh daripada do’a ma Tuhan n kepercayaan itu tadi..
    bukannya agama juga ngajarin kita tentang hal itu??
    moga akhir Juli bsok kita bakalan ngatain LULUS!!!!!!!!!!!!!

  29. mw nanya donk?????

    klo hasil spmb pengaruh ga qt sekolah dmna???

    contohny orang yg sekolahnya di sekolah negeri lebih banyak kesempatan buat tembus spmb dari pada orang yang sekolah di sekolah swasta????

    bener ga

    blz ya

  30. duuuuchh…
    muakachi yaaaaa….brooo….
    scara aq ni dah tak bersemangat laghi dengan SNMPTN yang tinggal nuggu bulan lagi tadinya…
    huaaaaa…
    p, karna tips dri dirimu brow…
    Q Dah semangat lagi ni…!!!
    ya sudlah Quw pulang duluw brow…
    dah g sabar mw blajar lagi…
    keh..
    mmmh,brow..
    doain aq lulus y…
    woiy,yang nyoba taon 2008 ni..
    mudah2an kta lulus dengan sportif ya??!!
    amiin ya Allah…
    bro,semua bdang studi hrus ada yang djawab y??
    dibales yoo!!!

  31. Wah yang buat anak 2003 ya berarti kita satu angkatan,hehehe hebat bro..cuma mau nambahin aja buat kawan2 yang mu ikutan SPMB, betul bangat tu kalo yakin sama kemampuan dan syaraf2 yang ada dikepala kita bisa bekerja sama dengan baik g usah ikutan bimbel, selain nambahin pengeluaran juga malah banyak yang patah hati juga akibat ngecengin ce,hehehe.

    Bagi kawan2 yang tingkat ekonominya rendah dan jauh dari negeri tujuan kuliah (perantauan)saya menyarankan kejarlah mati-matian belajar untuk masuk ITB karena disana banyak beasiswa dan g mungkin ente di DO gra2 g bayar uang kul, dan kita juga bisa kerja sama dosen untuk biaya hidup sehari2 jadi g usah takut, tetap semnagat. maaf saya g tau UI,UGM,dan universitas negeri lain jadi saya g berani berkomentar.

    Saya dah membuktikannya dan jangan asal pilih jurusan dan karena gengsi nama besarnya…ingat lihat kembali ekonomi anda, banyak jurusan yang mahasiswanya diminta kerja waktu kuliah dan uang nya bisa mengidupi anda hidup normal 4 bulan dengan bekerja 1 bulan saja.

    Terakir kalian g akan bisa mendapatkan semua itu kalo kalian seorang pengecut yang g berani berspekulasi dengan takdir karena kalian hanya menunggu dan pastinya ilmu statistik kalian kuarng khususnya tentang probabilitas, makanya belajar..belajar dan belajar,qey…

    Buatlah bangga orang2 yang menyayangi kita dengan memberikan yang terbaik…hhihiii

  32. trims ya sarannya,tp gmana seandainya soal2 tu qt cm bsa 30%?trus yang 70% pa hrus dikerjain?klo salah kan minus satu?gmana tuh?
    tolong blz k email q ya?thanks

  33. bbbbbbbbbbeeeeeeeellllllllllllllaaaaaaaaaaaajjjjjjjjjjaaaaaaaaarrrrrrrrrr YYYYYYYYAAaaaaaaaannnnnnnnnnnggggggggg bbbbbbbbbbbbeeeeeeeeeeennnnnnnnnneeeeeeeeeeeerrrrrrrrr

  34. jgn tpengruh y ma bimbel??????
    tp aq tuh tipe ank yg g bs bljr sndri,,,jd hrus ada yg bmbing gt…kl bljr sndri mlh jd g yakin gt,,,,jd down,,,
    gmn dunk????
    ada solusinya g????

  35. ass,,
    thanks banget triknya,aku sangat terkesan dengan penukis yang dah mw ngasih support,
    awalnya aku sangat bimbang melihat kenyataan yang ada peserta spmb ,pi setelah ngebaca trik menghadapi spmb penulis aku lumayan ter angkat untuk tetap semangat,,,
    wahai semua orang indonesia doain aku bisa lulus spmb yaww,,,
    amien,,,bismillah,,,

  36. wah bagus banget tips-nya tapi aku mw tanya nich
    1.jujur aku dah kul di pts di jakarta tapi aku mw ikut spmb
    tahun ini lagi.kadang2 aku pesimis banget bisa gak yach aku
    lulus spmb tahun ini?
    2.dikit lagi mw spmb tapi aku bingung apa yang mw
    aku pelajarin?sempet gak yach sampe waktunya?

    So, please tolongin aku yach

  37. Kerenn_bangets bosss!

    yg penting kn lu2S dlu kli,
    tyus Spmb dech!!!

    moga aj gw lu2s ma loe jg pda smua lu2s dech…

    keys jgn nyerah dech bos….kacian tuh bonyok2 loe pd b’harap banget loe jd org yg bener n manfaat bwt org laen….

    OK..,,..OK
    Satukan tekat menuju maRDLO TILLAHHH…
    AMIennn…heee,,hhee,,,haaa

  38. wah gokil nih…gw emg masih baru kls 3 sma nih (2009)
    tp gw udah mulai persiapin dari sekarang nih..
    kalo menurut gw emg ga penting tuh bimbel2 di luaran gt apalagi kalo lo bimbelnya ama tmen2 sepermainan yg ada lo malah becanda2 aja di bimbel dan akhirnya ngebuang-buang duit org tua lo doang..
    saran gw mending lo ngambil private aja terbukti lebih konsentrasi dan bisa cepet mask ilmu g d plajarin,tp nyari guru bimbelnya yg asik jg jgn yg ngebosenin doang yg ada lo malah bt nanti privatenya…
    trus kalo emg tujuan lo mau k luar negri ya lo udah mulai les2 toefl gt (kalo perlu) kalo gak ya tinggal latihan2 aj pake soal2..

    nih saran gw dapet dari sodara gw g udah dapet spmb k ui…
    dan gw jg ikutin cara2 dia…santai aja semua jgn di bawa tegang ato pesimis..think positif aja dulu..

    ito_kodok

  39. Assalamuallaikum Wr wb….

    Om saya mau nanya…saya lulusan stm….terakhir belajar 2 tahun lalu nah tahun dpan saya terakhir kesempatan ikut SPMB….

    tapi saya sudah lupa sama pelajaran khususna matematika…

    menurut Om mnding ikut bimbel pa beli buku buku…mohon nasihat dan doanya…

  40. Makasih atas sarannya..
    Padahal rncnanya bulan mei ini mw ikut bimbel intensive…

    Tapi,,
    Kaya’a perlu pikir ulang deh…
    Seengganya,,
    Liat dana lagi HeHe

  41. bingung bentar lagi mw spmb py w ngerasa blm ada persiapan yang mateng, w g mw nyusahn ortu mulu(emang tiap hari x…)
    ada g trix nya supya bisa nerjain soal2 cz waktu w ngerjain oa yang b n c yang ada ada sebab n akibatnya?
    tolong di bales ye

  42. iaa..bener juga,,,
    k’agus skarang tie baru naek kals 3,,
    tie mu siap”dari skarang,,
    tie pangn nglajutin k ui,,lwat spmb,,bisa ga ya??
    kasi trik n tipsnya lagi dund..di jawab yaa,,

  43. umb dah q lewati,,,,tp pd saat tuh aq jawbnyq ngawur,,,,,abis soalnya sush 2 bwanget,,,,,,,gmana dunkz,,,,,,,dah pusing bwanget,,,,,,bimbngan pun,,,,toh ga msuk akl,,,,pdahal snmptn mo dkat,,,,,,ksih w tipsnya dunks,,,,pliz,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s