Soeharto Wong Ndeso Dari Kemusuk…Selamat Jalan…

soeharto.jpgKemarin, 26 januari ’08 ada perasaan lega setelah ada pemberitaan bahwa kondisi beliau meningkat, dan tidak terlalu tergantung lagi dengan alat bantu yang membuatnya menjadi begitu sayu, dan tidak gagah dan ganteng lagi seperti dulu. Selang-selang itu telah memberitakan kepada kita, kondisi beliau yang sudah keritis. Beliau telah berjuang, dan terus berjuang untuk kesembuhannya itu sampai kepada akhir hayatnya.

Berita membaiknya kondisi mantan presiden RI itu telah membuatku sedikit tenang, setidaknya setelah kesehatan beliau pulih, konferensi pers tentang kondisi beliau akan jarang terjadi (risih aja sih, soalnya semua orang pada maklum dengan kondisibeliau ini, apalagiumurnya sudah sangat lanjut). Dan sedikit banyak kesehatan beliau akan terus meningkat di hari tuanya ini.

Namun, tadi setelah lebih kurang pukul 15.00 WIB (setelah bangun tidur), aku terkejut dengan berita meninggalnya Pak Harto. Dan mengucap Inalilahi Wa inailaihi Ro jiun.

Namun ada hal penting bagi penulis tentang mantan presiden ini, yang patut menjadi contoh untuk pemimpin dan orang berduit di Indonesia ini. Yaitu kesediaan beliau untuk dirawat dan diurus oleh rumah sakit dan dokter-dokter Indonesia.

Saya salut dengan perjuangan beliau, dan salut dengan pola fikir beliau yang belum termakan oleh penduduk Indonesia secara umum. Baik pembangunan prototif di Tapos, mekar sari, bahkan Taman Mini Indonesia Indah bahkan IPTN. Sebuah selera kemanusiaan yang memiliki jangkauan luas dan berpandangan jauh ke depan. Tapi sayang keputusan beliau belum sepenuhnya sesuai dengan kondisi rakyat yang masih belum terfikir ke arah sana.

Sebelum tulisan ini berakhir, maka masih teringat sebuah kiasan Sekjen Golkar Soemarsono, yang menyatakan bahwa “Kesempurnaan seseorang adalah kekurangan orang tersebut”. Dan pada akhirnya, maafkanlah segala kesalahan beliau, dan lanjutkan proses hukum yag berhubungan dengan kroni-kroni beliau.

Selamat jalan Soeharto, jasamu akan tetap menjadi sejarah Indonesia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s