Pembelajaran Awal Desember 2013

Pertemuan di lapangan di awal bulan Desember 2013 ini membuat suatu kesimpulan sederhana, bahwa sebenarnya sikap dan prilaku seseorang mengikuti apa yang difikirkannya. Fikiran dipengaruhi oleh opini orang lain, dan opini liar akan membuat tindakan dan pendapat menjadi tidak terkendali. Seseorang dengan mudah menerima perkataan orang lain, mengeluarkan pendapat tersebut dengan penuh keyakinan, bahwa apa yang dia dengar, dia rasakan, itu adalah kebenaran. Padahal info yang diperoleh tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Akibatnya semua akan di nilai sesuai dengan pemikiran itu..

Tak perduli dengan pandangan narasumber, tidak diindahkan efek dari perkataan tersebut, apakah perkataan itu akan membungkam mereka sendiri, tampaknya semua menjadi abu-abu, dan akhirnya menjadi salah atau benar dengan hasil pemikiran yang sepihak.

Ahh….. ternyata…. tua nya usia tidak menjadi suatu patokan, pertemuan demi pertemuan tidak menjadi pelajaran, tetap saja ingin menjadi diri sendiri, merasa benar sendiri, merasa paling hebat sendiri, dan akhirnya akan menepuk dada…. sayalah yang paling berjasa…. tanpa saya… semua tidak bisa berjalan dengan baik….

Skill bukan segala-segalanya… tanpa etika dan kemauan untuk memahami dan difahami, skill akan menjadi tubuh tanpa roh…. akan bergerak liar semaunya sendiri… tanpa diikuti bayang-bayang toleransi, dan tanpa adanya pandangan dari sisi orang lain…..

Semoga besok mentari bersinar dan aku tetap bisa menatapnya kembali, dan bayangan alam tetap memayungi perjalananku… ketika keinginan untuk berbuat baik masih terus membara, harapan itu akan tetap ada di dada… sejauh itu pula langkahku tak akan berhenti..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s