“Next” untuk membaca artikel selanjutnya “

Sebagai media hiburan, portal berita menjadi sebagai tempat untuk mencari informasi dengan membaca-baca artikel dan berita terkini yang sedang terjadi di Indonesia dan dunia. Tetapi, adakalanya portal-portal berita tersebut membuat pembaca menjadi dongkol😦 . Hal ini disebabkan oleh artikel yang tidak selesai pada halaman pertama dari berita tersebut. Dan pembaca “dipaksa” untuk menekan tombol “Next” untuk bisa melanjutkan membaca berita/artikel tersebut.

Pendapat saya, untuk portal-portal berita yang ada, sebaiknya selesaikan dalam 1 halaman saja. Sehingga pengunjung portal tidak menjadi bosan dan jenuh dengan adanya halaman-halaman berikutnya yang harus kita klik agar artikel tersebut tersampaikan dengan sempurna.

Mungkin cara ini merupakan trik pemasaran mereka, dengan cara “mereload” atau “merefresh” sebanyak mungkin tampilan website dengan harapan iklan-iklan yang ada menjadi berganti dengan iklan-iklan lainnya. Sehingga traffic website mereka menjadi meningkat.

Tetapi, trik tersebut sangat merugikan pengunjung, selain memperlambat loading, menghabiskan bandwith dan membuat pembaca lelah. Pada akhirnya pengunjung akan beralih ke portal berita lainnya yang tidak mensyaratkan pengunjung untuk Klik “Next” untuk membaca artikel selanjutnya

Pada dasarnya untuk sebuah artikel yang cukup panjang fitur “Next” sangat berguna untuk membuat jeda bagi pembaca agar tidak mengalami kelelahan dalam membaca artikel tersebut. Tetapi bila artikel terdiri dari hanya beberapa paragraf saja sudah diberikan Next, dan bahkan bisa lebih dari 6 halaman (padahal artikelnya pendek-pendek dan bisa dijadikan 1 halaman penuh), maka itu sangat membosankan, dan memaksa saya sendiri (contohnya) untuk beralih ke portal lain.

Ini adalah curhat saya kepada pengelola portal berita, saya tidak menyebutkan dari website mana, tetapi portal tersebut cukup terkenal saat ini.

Mungkin bila ada yang setuju dengan pendapat saya, bisa berkomentar di bawah ini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s