Sederhana Tapi Mendunia, Setelah Itu Dimatikan Saja

Fenomena Flappy Bird

Fenomena Flappy Bird

“Flappy Bird” Begitulah nama game yang saat ini sedang menjadi pembahasan dunia maya. Sebuah kejadian yang menurut para pecinta game “burung terbang” penuh dengan kejutan. Betapa tidak, sebuah game sederhana yang konon katanya  dibuat hanya dalam waktu dua hingga tiga hari (oleh Dong Nguyen dari Vietnam) bisa menghasilkan pendapatan Rp. 600.000.000,- dalam satu hari.

Wow…. suatu pendapatan yang sangat besar. Tentu sebuah kejutan dilihat dari pencapaian penghasilan untuk sebuah game ringan yang dibuat oleh seorang saja.

Lebih terkejutnya lagi, ketika game tersebut sedang jaya-jayanya, sang pencipta (Dong Nguyen) serta merta mengumumkan akan meghapus game tersebut dari pasaran “iTunes App Store dan Google Play”.

Mungkin sebagian besar orang di dunia akan menyayangkan penghapusan game tersebut di pasaran. Karena posisi game tersebut sedang berada di puncak kesuksesannya, apalagi didukung oleh banyaknya iklan yang mampu memenuhi pundi-pundi uang pemilik game tersebut.

Namun ternyata fakta berbeda, bertikut kutipan peryataan Don Nguyen yang saya peroleh dari beberapa portal berita:

“Saya minta maaf, pengguna Flappy Bird, 22 jam dari sekarang, saya akan mencabut Flappy Bird,” bunyi pengumuman Dong melalui akun Twitter miliknya, Sabtu (9/2/2014).

“Flappy Bird didesain untuk dimainkan selama beberapa menit pada saat Anda sedang berelaksasi,” kata Nguyen.

“Namun, game ini (Flappy Bird) akhirnya menjadi produk adiktif. Saya rasa hal tersebut telah menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah itu, hal terbaik adalah menarik Flappy Bird. Game ini telah hilang selamanya.”

Pemuda asal Vietnam itu juga menjelaskan bahwa rasa bersalah membuat banyak pengguna ketagihan game tersebut yang membuatnya mantap mengambil keputusan.

Sebelumnya, Nguyen sempat menyebut popularitas yang didapatkan game ini telah merusak “hidupnya yang sederhana”.

“Saya tidak merasa ini (keputusan penarikan) sebagai suatu kesalahan. Saya telah memikirkannya matang-matang,” ungkap Nguyen.

Ok… Stop disini saja.Saya bukan penggemar game, dan bukan sebagai pengamat game. Tetapi artikel ini saya buat, karena saya tertarik dengan fenomena kesederhanaan yang ditampilkan oleh game tersebut, terbukti mampu memikat pencinta game mobile di dunia sehingga orang-orang berbondong-bondong menggunakan game tersebut, dan pada akhirnya membuat game ini terkenal dan membuat Don Nguyen kaya raya.

Fenomena unik lainnya adalah, ketika sebagian besar dunia menginginkan kesuksesan dari apa yang dilakukannya, dan berharap memperoleh pengasilan yang  tinggi dari pekerjaannya tersebut, Don Nguyen malah menghapus kesuksesannya dengan alasan:

  1. Privasinya sudah terganggu
  2. Pengguna game akan menjadi kecanduan dan ketagihan dan ini menyebabkan Don Nguyen merasa bersalah

Dari dua alasan yang diutarakan tersebut, membuktikan bahwa di dunia ini tidak semua orang menjadikan uang dan ketenaran sebagai suatu tujuan. Dia merasa kehidupannya sudah menjadi lebih sulit ketika kesuksesan ini sudah diperolehnya. Kehidupannya menjadi tidak tenang dengan kesuksesan yang dia dapatkan. Oleh karena itu dia berhak untuk memutuskan kesuksesan yang dia peroleh untuk ditukar kembali dengan ketenangan yang selama ini dia rasakan.

Fakta kedua adalah, masih ada orang yang memiliki tanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya, dia merasa bersalah dengan pemain game yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan game tersebut. Dia merasa bahwa philosophi sejak pertama pembuatan game tersebut sudah berubah. Dan dia tidak ingin merubah nilai-nilai tersebut meskipun apa yang dia ciptakan menuai kesuksesan luar biasa.

Disinilah faktor kekuatan nilai yang dia sampaikan melalui sekilas informasi yang  disampaikannya kepada setiap orang.

Kesuksesan dan harta bukan suatu tujuan absolute, melaikan suatu proses  yang harus dilewati untuk mencapai tujuan yang sebenarnya, ketenangan, privasi, kebebasan berekspresi, dan pencapaian prestasi. 🙂

Satu lagi… tidak perlu rumit dan mahal untuk menjadi sukses, cukup sederhana tetapi perlu kreativitas dan nilai-nilai yang kuat untuk melandasi sebuah produk.

Note: Suatu pernyataan apapun, suatu tindakan apapun, akan memiliki arti dua sisi, dan artikel ini hanya melihat dari sudut pandang saya saja, terlepas dari adanya upaya “marketing yang mungkin dilakukan oleh Don Nguyen” untuk produk game  yang dia ciptakan berikutnya, sehingga dia membuat suatu pernyataan yang mengejutkan semua orang dengan menghapus game tersebut dan membuat pernyataan yang dia utarakan melalui twitter tersebut.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s