Curhat

Beberapa Menit Bersama Arifin Panigoro

Kuliah umum Arifin Panigoro, menyimpulkan bahwa menjadi pengusaha bukanlah hal yang “mudah”. Selain diperlukan kecermatan, ketajaman, serta jeli menilai sesuatu untuk dijadikan peluang bisnis apapun bentuknya. Karena sesuatu menurut kacamata pengusaha adalah ”menguntungkan” atau tidak…? bila ada peluang, manfaatkan… serius dengan itu dan buat frame-frame keberhasilan dalam fikiran untuk menjadi seperti yang kita inginkan.
Berani…? tentu saja, karena tanpa keberanian maka apapun itu tidak akan membuahkan hasil….

Untuk itu berani dan analisa peluang bisnis masa depan modal utama calon pengusaha muda.

Trend materi usaha masa depan, energi terbarukan (bioenergi), pangan, dan perumahan….!!!

Untuk itu, peluang yang mesti di ”intip” saat ini adalah bagaimana mencari lahan yang sesuai untuk:
1. Pengembangan Bioenergi (Trend Global)
2. Pangan (Pengembangan Bersama Untuk Konversi ”bahan bioenergi” berdampingan dengan Pengadaan Usaha Pangan Bersama)
3. Perumahan (Properti), analisa; trend pengembangan konsep model perumahan masa kini, modern, artistik, tepat guna, terintegrasi, mudah dijangkau.
4. Distro, konveksi, pecah belah (mikro)

Siapkan SDM dan ”Main Frame” pengembangan yang akan dicapai (skala target waktu)

Permasalahan yang ada:
1. Pengalaman aplikatif belum memadai
2. Modal awal belum ada
3. Kecendrungan menjadi ”pekerja” masih tinggi
4. Relasi masih sempit
5. Keberanian spekulasi belum memadai
(lebih…)

Iklan

Air Kost Habis….

Air Kost Habis, sudah seminggu tidak mandi sore. Untung tinggal di Bandung, keringat tidak banyak yang keluar, jadi tidak wajib mandi sore, begitu kata mahasiswa sebelah kamar ku. Lain lagi dengan teman dari Palembangku, dia bilang Kok toilet tidak ada sub siteng (benar g tulisannya) jadi pas aku liat ke belakang E…ee kok langsung Nyemplung. Gimana ya…?? Ya sudah, karena sepanjang jalan taman hewan para toiletnya pada sama, langsung nyemplung gak disetel dulu kayak di rumah-rumah. Parahnya lagi di belakang pipa ada orang-orang bekerja memasang pipa, makanya pas suatu siang ada hasrat, jadi serbasalah mau gimana, padahal hasratnya terus memuncak, ya mau gimana lagi, sambil mengucapkan “bapak-bapak maafkan saya, bukan disengaja, terpaksa melakukan hasrat karena memang mendesak, maafkan ya Pak” langsung ….. blessss segerrrr. Aku tidak tau bagaimana reaksi pemasang pipa dibelakang rumah, tapi setidaknya aku sudah minta maaf walau Cuma dalam hati.
Air dalam bak mandi di kost minggu-minggu ini sepertinya selalu kekurangan, apalagi kedatangan penduduk baru dalam kost sedihnya lagi nih penduduk kayak onta aja, mandi bar bur bar bur, kayak gak tau saja air kost terbatas. Lebih pedas lagi teman yang dari palembang bilang sepertinya orang ”awak” itu yang banyak benar memakai air. Hasilnya pas jam 11 siang, air dari bak yang berukuran 3 x 1 x 1 itu sudah bersisa hanya seperempat saja. Inilah modal air yang harus digunakan untuk manusia sekitar 15 orang dewasa. Sederhana memang, tapi ini tidak bisa diabaikan kalau ada hasrat dimalam hari, bagaimana jadinya. Wah gak terbayang, harus tidur tanpa cebok dulu, hahahha.

Air Seni Kegugupan

4 dan 5 Juli ’08, Dua hari bersejarah yang bakal menjadi histori pribadi. Betapa tidak, dua hari itu sudah menjadi hari yang paling ditunggu selama tiga bulan terakhir. Kalau boleh melihat bulan yang lalu, tepatnya bulan maret, sesudah seminar skripsi tak sengaja aku menemukan brosur untuk melanjutkan pendidikan dari Institut Yang ada di Bandung. Begitu kebetulan jurusannya adalah jurusan yang selama dua tahun terakhir menjadi topik pembicaraan yang sedang gencar-gencarnya di wilayah Semende kab. Muara Enim.

Ya….Betul, anda benar sekali, topik itu adalah topik tentang eksplorasi panas bumi, yang disinyalir bernama Lumut Balai. Dua tahun terakhir adalah proses pembangunan infrastruktur yang tentunya telah mengundang banyak harapan masa depan tentang keberadaan Panas Bumi di desaku. Balik ke Topik….. (lebih…)

Seharusnya AS Ngomong Dulu Dong…!!!

Entah kenapa dua tahun terahkir aku berpindah nomor HP, dan katanya kartu itu murah dan segala macamlah. Aku betah dan memakainya hingga saat ini. Bahkan aku tidak minat lagi untuk menggantinya dengan yang laen, walaupun dengan berbagai macam tawaran.

Namun kejadian tiga bulan yang lalu ada tawaran untuk NSP gratis dari AS, sepertinya merubah minatku untuk ganti kartu lagi.

Apa sebab….!!! (lebih…)

Dag Dig Dug Der

Seminggu lagi nih mau ujian seminar, semua berkas dan perlengkapan mulai dipersiapkan, dari birokrasi sampai ke dasi sudah masuk dalam skejul. Dari surat rekomendasi pembimbing, tanda tangan Ketua Jurusan dan Pesan-pesan moral telah disampaikan. dan itu tumpleg Belk jadi satu di kepala ini.
Dasar mental wong cilik, setiap ada momen yang berjudul ujian kok sudah letoy duluan,…..!!!
Semua pada keram, jari-jari mulai pegel-pegel, otak mulai hang, sampai-sampai ketombe pada demonstrasi, bau badan…………..hahahahaha 😀 gak bakalan bisa didekatin cewek.
Tapi yang paling terasa nih stress musiman datang lagi dengan gejala seperti di bawah ini: (lebih…)